Skip to main content

Angkot, dibenci, tapi dikangenin dan dibutuhin..

Judul di atas tidak mewakili seluruh pembaca ya, jadi jangan langsung pengen komen ya jari-jari netijen. Judul di atas adalah murni hanya berdasar pada perasaan penulis belaka. Dan topik ini gw angkat karena gw ingin cerita pengalaman gw berpindah dari kota dengan angkot yang terlalu banyak, ke kota yang gak punya angkot.
Image by Google

Alkisah, sang penulis ini dulu tinggal di Bekasi. Salah satu kota di jabodetabek dengan jumlah angkot hampir sama seperti jumlah penduduknya. Alias, angkooottt dimana-mana. Bekasi itu sebelas dua belas sama Bogor. Cuma beda warna aja, Bogor angkotnya ijo biru, bekasi coklat orange, makanya klo di Bogor biar kata macet tapi tetep bisa keliatan adem, warna angkotnya aja adem (ngasal banget ini wakakakak). Nah, dulu jaman gw sekolah, kuliah, sampe kerja, jaman di Bekasi dan macetnya disebabkan oleh angkot tuh gw kerjaannya ngomel. Biasanya omelan gw kaya gini "Yaelah angkot banyak banget sih ini kan macet isinya angkot semua!" atau "Nah biasa kan, ngeteeeemm mulu nih angkot, kebanyakan angkot kedikitan orang sih!"Padahal, gw sendiri juga pengguna angkot hahahahaha. Oh, gw punya marah atau nantangin supir angkot versi gw kalo lagi jadi penumpang, dan ini biasanya terjadi kalau gw naik angkot yang ngetem di pertigaan luuamaaaaaaaaa banget. Kaya gini biasanya omongan gw ke supirnya (dengan muka sinis bin rese bin nantangin): "Bang, masih lama ga ngetemnya?" *Kemudian abangnya ngeliat muka gw dari spion tengah, sambil jawab dengan muka sinis*: "Masih neng, ngejer setoran dulu ini, kalo mau cepet turun aja sana". Kemudian dengan muka sok santuy sambil angkat dagu, gw pun ngerapihin tas siap-siap turun trus sambil turun jawab "Oh, ok deh".

Biasanya kejadian di atas itu gw perhitungkan dulu, baru gw lakuin klo di depannya dia ada angkot lain yang kira-kira udah siap buat cus. Karena klo gak, trus gw turun, nunggu angkot lain, nah supir kaya dia yang resek nih suka terus ga lama kemudian ngegas ninggalin gw di pertigaan wakakakakak kan asem. Jadi harus cepet, dan yang pasti kalau gw ngelakuin ini, dari mana pun gw naik angkotnya yang gw tinggal tadi, gw ga akan bayar! Wakakakakak. Berantem sama supir angkot tuh pemicu adrenalin banget sumpah hahahahaha.

Nah, jaman dulu sebelum pindah ke Jogja kan gitu ya, angkot itu gw butuhkan, gw cintai tapi sekaligus juga gw benci. Walau semakin ke sini semakin lebih sering pake ojol, tapi angkot itu emang selalu jadi penyelamat. Ujan? Enakan angkot. Abis belanja banyak, enakan angkot. Ga punya paket data? Ya pasti naik angkot wakakakakak.  Yang paling enak dari keberadaan angkot di jaman gw di Bekasi adalah itu angkot tersedia 24 jam, jalan dari rumah ke angkot deket, rute angkot yang panjang dan kemana aja pasti ada angkotnya, jadi mana ada dalam kepala gw perhitungan kewajiban untuk punya kendaraan sendiri? Apalagi macet mulu jakarta, disupirin jelas lebih gw pilih daripada nyupir sendiri lah, pegel amat, mending molor.

Setelah sekian puluh tahun diri ini dimanjakan oleh angkot dan keluarganya seperti kopaja, metro mini, bus, becak, transjakarta, bajaj, commuter line dan lain-lain, lalu pindah lah gw ke Jogja. Tinggal di sebuah perumahan yang posisinya nggak di pinggir jalan besar. Jarak ke minimarket, ke pasar, ke warung-warung buat belanja masakan semua ga ada yang sedekat jarak gw dengan angkot. Dan yang pasti di Jogja adalah: GAK ADA ANGKOT MAAAAAAKK!! Lalu incess musti gimaaaaannnaaa? Kemana-mana naik ojol yang punya duit sensi, katanya boros. Kemana-mana naik motor sendiri? Lah, yang katanya mau ngajarin aja wacana mulu ampe sekarang. Lagian, motornya juga ga ada, yang ada motor di rumah itu dipake sama beliau. Lah, trus gw? Nah di Jogja ada Transjogja.. Tapi kaaaan halte terdekatnya jaraknya juauuuuh dari rumah, jadi sampe sekarang belum pernah gw naik itu TransJogja. Maka, disinilah inceeess merindukaaan kehadiran angkot angkot nyebelin dan ngangenin ituuuuhh. Yang pada bisa diandalkan, yang pada bisa hadir saat dibutuhkan, yang bisa jadi sandaran (eh gimana?!) wakakakakakak. Rasanya pengen bilang gw ngarep di Jogja ada angkot. Yatapi nanti kalau terus jadi macet kaya Bekasi kan gak asik yeee, bule-bule pada kabur nanti daaah hahahahahaha.

Tapi asli deh, berasa terhambat banget kehidupan gw disini tanpa ada transportasi publik yang lengkap. Iya di Jogja ada becak, tapi cuma di lokasi-lokasi tertentu, alias gak ada tuh yang nangkring di sekitar perumahan. Ojek pangkalan? Ada juga, tapi ya sama, gak banyak. Angkot? Bhay. Kalau kaya gini kan jadi punya tuntutan yang dari dulu gak gw inginkan: jadi harus punya kendaraan sendiri dan bisa bawa kendaraan sendiri. Padahal dari dulu, kendaraan sendiri itu bukan barang yang gw minati. Gw itu ga tertarik punya kendaraan sendiri. Pernah punya juga terus malah gw bahagia waktu akhirnya gw jual. Aneh banget memang gw tuh..

Oh angkot, I miss you so much.

Comments

Popular posts from this blog

Adams Catering Jakarta - Wedding Package Review (2018)

Hola! Setelah tiga bulan, akhirnya satu per satu gw akan bayar hutang! Alias bayar hutang cerita, atau review mengenai vendor-vendor pernikahan gw yang lalu. Haha maaf lama yes, incess masih proses adaptasi dulu nih. Mulai dari adaptasi dari biasa tidur sendiri jadi berdua, sampe adaptasi bahasa, karena dari yang biasa lo lo gw gw di bekasi dan jakarta, sekarang jadi aku, kamu, nyong, koen, panjenengan, dan teman-temannya. Iyes, I finally moved out of Jakarta and stay for good in Jogjakarta, ihiy! Ok, review pertama, yang sudah banyak banget orang tanya di Instagram gw adalah review untuk wedding package yang gw ambil dari Adams Catering. Ok, first thing first, Adams Catering itu penyedia jasa catering yang juga melengkapi pelayanan jasa mereka dengan wedding package yang cukup lengkap dan ekonomis, mulai dari catering (iyalaaaah), decor, photography, make up & attire sampai pengarah acara dan hiburan. Kamu bisa lihat instagram mereka di sini: https://www.instagram.com/adamscater

Kopi Murah di Family Mart

Sebenernya sudah agak telat sih posting ini sekarang haha. Tapi gak papa, hitung-hitung latihan nulis lagi, isinya gak terlalu aktual dikiiitt gak papa yaaaa.. Akhir bulan ini tepat dua bulan gw kerja di tempat baru. Suasana baru, kebiasaan baru, adaptasi baru. Salah satu adaptasi yang masih agak berat adalah absennya gw dari dunia perkopian yang biasanya cuma bersin aja di kemang gw langsung pindah tempat dari satu coffee shop dengan picollo latte yang enak ke coffee shop lain dengan pilihan kopi lainnya yang juga enak. Sekarang gw di mega kuningan. Sempet panik, oh my, di mana gw bisa nemuin picollo latte enak yang bersin doang sampe di mega kuningan? Drama. Haha.. But hey, ternyata ada kabar bahagia! *naon iyeu teh ah*. Iyah, jadi bulan lalu itu pas mini market di basement gedung kantor baru mulai jualan kopi. Mungkin karena promo masih baru yah, demi bersaing dengan coffee shop di sekitarnya, dia jualan cuma Rp10.000 saja per cup! Murah yak! Apalagi pas promo awal dibagi voucher di

Sugar High! yum yum!

Maafkan karena baru nulis tentang ini hari ini. Padahal waktu itu dateng ke tempatnya udah dari bulan Januari.. Abisnya ga sempet mulu deh gw mau nulis.. adaaaa aja yang harus dikerjain. Januari lalu, tim digital marketing gw lagi cari sponsor kecil-kecilan untuk hadiah program untuk salah satu klien gw. Karena programnya program valentine, jadi salah satu hadiahnya kita cari voucher makan. Dengan bermodal kenalan dari Shafiq, akhirnya jalan lah kita ke Sugar High, Jakarta. Tempatnya mungiiill.. hihi.. tapi begitu masuk, gw langsung suka sama auranya. Warna dominan putih, tosca, dan pink pangsung menyambut mood gw yang waktu itu lagi lumayan warna-warni :D Masuk kesana yang pertama menarik perhatian adalah tempat lampunya. Dibuat dari sangkar burung yang di-cat sesuai dengan warna nuansa ruangnya. Kemudian satu sisi tembok yang dibuat sebagai papan menu. Dengan warna dasar hitam dan tulisan menu dari kapur warna warni, "dinding menu" ini menambah kesan manis di tem